AWAL > PENGETAHUAN > KARNIVOLOGI

 
 

KARNIVOLOGI

 

Karnivor merupakan golongan mamalia yang memiliki struktur gigi yang khas dan khusus untuk memotong daging dan meremukan tulang.

Bentuk gigi yang runcing dan berlereng tajam milik karnivor, sangat berbeda dengan gigi mamalia herbivor yang dicirikan dengan bentuk morfologi gigi yang datar dan berfungsi untuk mengunyah dan melembutkan bahan pakan, seperti dedaunan, rumput ataupun biji-bijian.

Pada perkembangan selanjutnya, kemungkinan karena kompetisi di habitat dalam memperebutkan sumber asupan pakannya, ada gologan karnivor (dicirikan dengan gigi runcing dan berlereng tajam) tetapi juga mengkonsumsi buah dan tanaman.

Secara umum sumber pakan karnivor adalah daging yang berasal dari satwa golongan ungulata maupun primata, tetapi terkadang juga mengkonsumsi daging ampibi, ikan, moluska bahkan serangga.

Sumber asupan pakan, dapat digunakan untuk membantu mengenali jenis spesies karnivor dengan mengidentifikasi kandungan, struktur dan morfologi feses yang ditemukan di lapangan.

Di web ini, sementara yang dikaji adalah semua golongan karnivor yang hanya di jumpai di Pulau Jawa, meliputi 19 spesies dari genus Canidae<2 spesies>, Felidae<5 spesies>, Herpestidae<1 spesies>, Mustelidae (Lutrinae<2 spesies>, Melinae<2 spesies>, Mustelinae<2 spesies>) dan Viverridae <5 spesies>.

 

Submenu

 

 
 
 
 
 
 

 
 
 
 

 

Peduli Karnivor Jawa
 
 
 

2