AWAL > PENGABDIAN MASYARAKAT > Pertama Kali Foto Macan Tutul dari Hutan Muria

 
 

Pertama Kali Foto Macan Tutul dari Hutan Muria

Setelah pencanangan pers release tahun 2013: Perlindungan Macan tutul jawa di Kawasan Non Konservasi,  PKJ mendapatkan dukungan peralatan kamera trap dari Idea Wild di tahun 2014.
 
Tahun 2016 PKJ memberikan pengenalan dan pelatihan penggunaan kamera trap sebagai alat bantu pemantauan keberadaan macan tutul di hutan Pegunungan Muria bersama PMPH (Paguyuban Masyarakat Pelindung Hutan) di Desa Colo, Kec. Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah. Kegiatan ini dilakukan atas permintaan Pak Shokib selaku Ketua PMPH, agar laporan kesaksian warga sekitar hutan Muria tentang adanya macan tutul dapat diabadikan.
 
Foto Macan tutul jawa betina remaja. Gambar ini merupakan untuk Pertama kalinya Macan tutul jawa terfoto langsung dari hutan Pegunungan Muria.
 
Agustus 2017, oleh PMPH pemasangan kamera trap ini menghasilkan foto dan video Macan tutul di hutan Muria. Prestasi PMPH ini membuktikan bahwa warga lokal tepi hutan juga mampu dalam mengoperasionalkan kamera trap. Walau tanpa dukungan pembiayaan dari lembaga donor manapun, dengan adanya tekad kepedulian menjaga kelestarian satwa hutan sebagai amanah Sunan Muria, PMPH telah mengukir prestasi gemilang. Kemandirian warga tepi hutan dalam usaha pemantauan macan tutul jawa di Kawasan Non Konservasi menunjukkan bahwa siapapun mampu berkontribusi nyata terhadap konservasi.
 
Kenyataan diatas, menunjukkan bahwa kesaksian perjumpaan tentang jenis karnivor besar di hutan Jawa, mampu dibuktikan sendiri oleh warga tempatan selama fasilitas alat dukung disediakan. Terobosan ini tentu memiliki niali penting bagi menumbuhkan ikatan kuat baik secara budaya ataupun ilmiah agar warga tempatan juga mempunyai andil sangat besar dalam konservasi Karnivor Jawa, khususnya di Kawasan Non Konservasi.
 
Terimakasih kepada Paguyuban Masyarakat Pelindung Hutan atas capaian Prestasinya, juga kepada Idea Wild atas bantuan peralatan Kamera Trap nya.
 

Salam Lestari Macan tutul jawa di Kawasan Non Konservasi.

 

 
 
 
 
 
 

 
 
 
 

 

Peduli Karnivor Jawa
 
 
 

2