#HARIMAU JAWA MASIH ADA

 
Sejak 1997, saya secara pribadi masih menemukan kesaksian dari warga lokal tentang dijumpainya harimau jawa yang dicandra sebagai sosok hewan macan yang mempunyai corak garis-garis memanjang di tubhnya. Sejalan dengan perkembangan waktu, beberapa warga lokal yang memiliki intensitas masuk hutan paling tinggilah, yang mempunyai keakuratan dalam penggambaran bentuk tubuhnya.
Bahkan di kalangan pemburu khusus, pola corak hewan buruannya memiliki harga pasaran tersendiri. Jikalau pemburu ini tidak menguasai diskripsi satwa yang didapatnya, tentu akan berbeda nilai uang yang diperolehnya. Tidak mungkin kijang dicandra sebagai babi hutan, pun tidak mungkin macan loreng di jual sebagai macan tutul ataupun sebaliknya.
Oleh karena itu, tahun 2018 akhir, dari hasil verifikasi penulis ke warga lokal, jelas bahwa sosok hewan yang dipotretnya adalah harimau jawa (Panthera tigris sondaica). Keberadaan harimau ini juga terjumpai di tahun 2017 di lokasi yang sama.
Berdasarkan komposisi jenis batuan, vegetasi, keberadaan serasah daun yang terdapat di dalam foto; indentik dengan kondisi habitat yang ditunjukkan Narasumber kepada penulis.

Baca berita tautan 

Berikut fotonya.
 

 

....SEPTEMBER 2018 HARIMAU JAWA TELAH DI FOTO oleh WARGA LOKAL.....             "TAHUN 2020 PEMANTAUAN POPULASI HARIMAU JAWA"